GOLDEN VISA BAGI ORANG ASING BERTALENTA UNTUK TINGGAL SAMPAI DENGAN 10 (SEPULUH) TAHUN DI INDONESIA

 In Articles

Gianvilla Erry Chandra A.D.H.M., S.H., M.Kn.

Izin tinggal merupakan suatu hal yang krusial bagi seorang warga negara asing, tanpa memperoleh izin tinggal di Indonesia seorang warga asing dapat dianggap sebagai pendatang illegal, Pemerintah Indonesia sendiri sangat tidak mentolerir hal ini, selain dari pada ancaman ekstradisi atau dengan kata lain dikembalikan ke negara asal, si pendatang illegal juga dapat diancam dengan aturan khusus, yaitu aturan tersebut tertuang di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) pasal 48 ayat (4) yang berbunyi :

(4) Setiap Orang Asing yang tanpa izin berada di daerah tertentu yang telah dinyatakan terlarang bagi Orang Asing sebagaimana dimaksud dalam Pasal 48 ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau pidana denda Rp300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah).

Maka terhadap problematika ini pemerintah sendiri juga telah memperketat aturan, setiap imigrasi dan perbatasan negara guna sebagai Langkah preventif terhadap kerumunan pendatang illegal yang hendak masuk tanpa izin ke Negara Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia baru-baru ini mensahkan Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang Izin Tinggal khusus bagi warga negara asing yang bertalenta yang disebut dengan istilah Golden Visa, apa yang dimaksud dengan golden visa? Dan apa fungsinya?.

ATURAN IZIN TINGGAL ORANG ASING

Bahwa sebelumnya jangka waktu visa izin tinggal yang diberikan oleh pemerintah Indonesia terhadap orang asing paling lama adalah 5 (lima) tahun, adapun aturan ini tertuang di Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian pasal 59 ayat (1) yang menyebutkan:

(1) Izin Tinggal Tetap diberikan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang untuk waktu yang tidak terbatas sepanjang izinnya tidak dibatalkan.

Dan selain itu aturan ini juga tertuang di Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Permenkumham) Nomor 29 Tahun 2021 tentang Visa dan Izin Tinggal Pasal 10 menyebutkan:

Visa kunjungan beberapa kali perjalanan diberikan kepada Orang Asing dengan masa berlaku Visa paling lama 5 (lima) tahun.

Adapun izin tinggal tersebut dapat di perpanjang berdasarkan Permenkumham No. 29 Tahun 2021 Pasal 63 ayat (1) yang menyebutkan bahwa:

(1) Perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan dapat diberikan kepada Orang Asing pemegang Izin Tinggal Kunjungan yang berasal dari Visa kunjungan beberapa kali perjalanan.

Dan terkait jangka waktu pengajuan terdapat di dalam ayat (3) yang menyebutkan:

(3) Perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan untuk jangka waktu paling lama 60 (enam puluh) hari terhitung sejak tanggal berakhirnya Izin Tinggal Kunjungan dengan ketentuan keseluruhan Izin Tinggal di Wilayah Indonesia tidak lebih dari 12 (dua belas) bulan.

Maka dengan adanya izin tinggal tersebut pemerintah dapat mengetahui dan memantau maksud dan tujuan kunjungan orang asing tersebut ke Indonesia.

GOLDEN VISA UNTUK TURIS BERTALENTA

Baru-baru ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mensahkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2023 (PP 40 2023) Tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian. Adapun istilah Golden Visa diselipkan kedalam aturan ini.

Apa itu Golden Visa?

Diketahui Golden Visa merupakan suatu kebijakan yang telah diterapkan oleh lebih dari 100 Negara salah satunya Indonesia, jika kita kutip dari PP 40 2023 kata “Golden Visa” hanya kita bisa temukan pada halaman penjelasan umum yang menyebutkan:

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID- 19) serta menarik arus dan menciptakan iklim investasi yang dapat menarik talenta berkemampuan tinggi, perlu menerapkan kebijakan golden Visa yang menargetkan Orang Asing yang memiliki kualitas lebih dengan tetap menerapkan prinsip kebijakan selektif.

Maka makna Golden Visa sendiri di dalam PP 40 2023 tidak ditemukan definisinya, namun jika dikutip dari website setkab.go.id makna golden visa secara umum adalah:

Berdasarkan definisi OECD, Skema Izin Tinggal melalui Investasi (Residency by Investment) dan Kewarganegaraan melalui Investasi (Citizenship by Investment), atau sering disebut dengan ‘Golden Visa’ dan ‘Golden Passport’, merupakan kebijakan yang diberlakukan oleh suatu negara melalui mekanisme pemberian fasilitas izin tinggal atau berkewarganegaraan kepada Warga Negara Asing (WNA) melalui investasi atau membayar sejumlah biaya tertentu. Beberapa negara menggunakan istilah bervariasi dalam penamaan Golden Visa. Indonesia dapat saja menggunakan istilah lain, misalnya Visa atau Izin Tinggal Terbatas.

Dapat disimpulkan bahwa Golden Visa yang berlaku di Indonesia merupakan suatu kebijakan atau izin tinggal khusus yang menargetkan orang asing yang bertalenta atau berkemampuan tinggi serta menarik investor asing untuk tinggal lebih lama di Indonesia, strategi pemberian golden visa ini dipercaya oleh pemerintah dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Adapun jangka waktu sebelumnya yaitu orang asing dapat memiliki izin tinggal paling lama 5 (lima) tahun namun setelah disahkannya PP 40 2023 orang asing dapat tinggal di Indonesia paling lama 10 (sepuluh) tahun, hal ini tertuang di PP 40 2023 pasal 148 ayat (1) yang berbunyi:

(1) Izin Tinggal terbatas diberikan untuk waktu paling lama 1O (sepuluh) tahun.

SYARAT MENDAPATKAN GOLDEN VISA

Bahwa untuk mendapatkan Golden Visa orang asing tidak serta merta semudah itu mendapatkan visa tersebut, adapun syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Apa sajakah syarat-syarat tersebut?.

Sebelumnya disebutkan bahwa setiap orang asing yang menginginkan Golden Visa adalah orang asing yang memiliki talenta atau berkemampuan tinggi, adapun syarat pemberian Golden Visa harus dinilai dari tujuan kunjungan yang tertuang di PP 40 2023 pasal 89 ayat (1) menyebutkan bahwa:

(1) Visa kunjungan diberikan kepada Orang Asing yang akan melakukan perjalanan ke Wilayah Indonesia untuk kunjungan dalam rangka tugas pemerintahan, pendidikan, sosial budaya, pariwisata, prainvestasi, bisnis, keluarga, jurnalistik, atau singgah untuk meneruskan perjalanan ke negara lain.

Adapun berdasarkan tujuan kunjungan tersebut tidak menjamin secara pasti orang asing mendapatkan Golden Visa selama 10 (sepuluh) tahun, adapun aturan tertulis terhadap minimal syarat untuk mendapatkan golden visa hingga 10 (sepuluh) tahun tidak dapat ditemukan, namun jika dikutip dari sumber terakreditasi cnnindonesia.com menyebutkan bahwa:

Pemerintah Indonesia sendiri memberlakukan syarat khusus agar seseorang bisa mendapat golden visa. Syarat tersebut yakni investasi rill sebesar US$50 atau setara Rp758 miliar untuk perusahaan. Sementara perorangan minimal melakukan investasi US$350 atau setara Rp5,3 triliun.

KESIMPULAN

Bahwa setelah disahkannya PP 40 2023 pada tanggal 4 Agustus 2023 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, orang asing memiliki kesempatan untuk memperoleh Golden Visa, namun sebelumnya orang asing tersebut wajib untuk memenuhi beberapa syarat berdasarkan PP 40 2023 pasal 89 ayat (1) agar mendapat izin tinggal paling lama 10 (sepuluh) tahun namun hal tersebut tidak menjadi jaminan untuk mendapatkan Golden Visa sampai dengan 10 (sepuluh) tahun, adapun terdapat syarat minimal investasi Rill yang pemerintah telah tetapkan guna kepastian memperoleh Golden Visa .

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Send this to a friend